Chrome Pointer
Headlines News :
Home » » Cara membuat sebuah situs Web Hosting di YouHosting

Cara membuat sebuah situs Web Hosting di YouHosting

Written By Unknown on Jumat, 08 Maret 2013 | 00.16

Bismillahirahmanirahim, mudah-mudahan artikel pertama yang saya buat ini bermanfaat buat kalian semua yang membacanya, AMIN.
Pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan posting tentang Cara membuat sebuah situs Web Hosting YouHosting.
Pasti anda pernah mengenal bukan sebuah situs web hosting seperti idHostinger, Nazuka dll. Yah situs web hosting itu sudah banyak dikenal oleh pengguna internet yang menjuru di dunia wap, web dan blog tak asing lagi untuk mengenalnya.
Kali ini kita akan menggunakan reseller hosting yang telah disediakan oleh YouHosting dengan gratis.
Namun bagaimana cara membuatnya? Ok berikut saya akan tulis tutorialnya langkah demi langkah.

Langkah 1
Sediakan domain terlebih dahulu anda bisa mendaftar di dot.tk untuk yang gratisan dan jika ingin menggunakan domain premium juga bisa

SETTING DNS

NS1.MAIN-HOSTING.COM
NS2.MAIN-HOSTING.COM
NS3.MAIN-HOSTING.COM
NS4.MAIN-HOSTING.COM

Dalam membuat Web Hosting lebih baik anda menggunakan domain premium agar terlihat lebih prefesional dan jika hanya sekedar buat pembelajar menggunakan domain gratisan pun tidak jadi masalah.

Langkah 2
Setelah domain yang anda buat jadi, lalu kini anda tinggal mendaftar terlebih dahulu sebelum membuat sebuah situs web hosting.
KLIK DISINI mendaftar, isi semua kolom yang ada seperti domain, password, email dll.

Langkah 3
Pendaftaran berhasil lalu Cek Email anda, akan ada pesan dari YouHosting, buka email tersebut lalu klik link yang telah diberikan oleh YouHosting

Langkah 4
Install dulu halaman utama situsmu, yaitu dengan masuk ke menu Look and Feel – Install Main Website

install+main+website.JPG

Atau jika tidak berhasil, buat saja situs utamanya dengan PHP lalu install/upload-lah melalui File Manager di Control Panel hostingmu. Bagi yang tidak menguasainya ada cara mudah, yaitu mendesain situs utamanya dengan Wordpress. Maksudnya yaitu kita buat situs utama penyedia hosting gratis punya kita tersebut dengan menginstall-nya dengan CMS wordpress (install melalui Control Panel hosting). 

Caranya; 
Masih dari halaman setting atau pengaturan Youhosting, lalu kamu pilihlah menu Configuration, lalu pilih Master Domains, setelah itu akan tampil Domain utama situs kamu pada kolom sebelah kanan, selanjutnya klik saja pada pilihan Manage. (Lihat gambar dibawah ini sebagai panduan).

masuk+cpanel+main+website.JPG
Klik Manage untuk masuk ke cpanel hosting
Setelah itu nanti kamu akan menuju halaman Control Panel hosting.
Kemudian, dari Cpanel hosting inilah kamu mulai buat situs/website utama untuk situs penyedia hosting gratis punya kamu. Agar proses pembuatannya cepat saya sarankan gunakan saja fasilitas AutoInstaller yang sudah disediakan, lalu nanti pilihlah Wordpress untuk platform situs kamu saat install nanti.

auto+installer+pada+cpanel.JPG
Setelah proses install selesai, lalu coba buka alamat situsnya, apakah sudah jadi?

Setelah situs utamanya jadi/berhasil dibuat, lalu kembali lagi ke halaman pengaturan pada Youhosting untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

Langkah 5Selanjutnya yaitu membuat form untuk Pendaftaran calon User. 
Jadi bagi orang/user yang ingin membuat akun di situs hostingmu nanti mereka itu harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu, untuk itu kita harus menyiapkan form pendaftarannya.

Caranya : 
Klik saja pada menu Look and Feel – Client Sign-Up Form, lalu pada halaman sebelah kanan pilihlah pertanyaan apa saja yang akan kamu tampilkan dalam Form pendaftaran hosting di situsmu.


setting+form+pendaftaran.JPG
Membuat form untuk pendaftaran user

3. Setelah merasa cukup, lalu Copy script yang diberikan, selanjutnya Paste-kan script tersebut pada template halaman situs utama yang akan kamu gunakan sebagai situs penyedia hosting. 

membuat+posting+di+wordpress.JPG
Halaman posting Wordpress
Langkah 5
Sedangkan form Log In dan form “Reset Password” bisa kamu buat dengan cara Copy Script dari halaman pengaturan Client Sign Up Form diatas lalu Paste pada bagian Widget (Text) situs utama kamu (untuk yang menggunakan wordpress seperti contoh saya tadi).

Langkah 6
Setelah itu Save/Simpan, dan lalu lihat hasilnya.

Jika kamu mengikuti panduan saya ini dengan cermat saya yakin sampai langkah ke-2 poin ke-5 diatas maka berarti kamu sudah memiliki sebuah situs penyedia hosting gratis milik kamu sendiri (tentunya merupakan reseller hosting gratis dari Youhosting.Com).

Selain pengaturan utama seperti diatas, kamu bisa juga mempercantik situs penyedia hosting gratismu dengan tampilan dan logo buatan kamu sendiri agar terkesan lebih professional dan tidak begitu terlihat layaknya reseller hosting gratisan.

Saya contohkan, pada situs penyedia hosting gratis http://worldfiles.tk/ disana sudah di ubah tampilan halaman Log In Control Panel dan halaman Log In webmail dengan tampilan dan logo buatan sendiri.

Jika kamu ingin merubah tampilan situsmu silahkan coba saja edit melalui menu Look and Feel – Logo Header Footer

custom+logo+youhosting.JPG
Modifikasi tampilan situs dan logo

Demikian panduan dan setting utama yang kamu butuhkan untuk membuat sebuah situs penyedia hosting gratis dengan memanfaatkan layanan reseller hosting gratis dari <a href="http://youhosting.com">YouHosting</a>
Share this article :

1 komentar :

  1. Saya mau di daftarin di youhosting dong, dgn master domain apa saja tapi pake email ini ya (rafabotak@live.com) sisanya aku yg ngelanjutin.. klo udh sms ke 089625972623 ya.. Tolong banget nih.. aku udh daftar tapi susah :(

    BalasHapus

 
Support : █║▌│█│║▌║││█║▌│║▌║█║║▌
OkeSmart © 2013 | Some Rights Reserved